Minggu, 21 April 2013

10 Langkah Cari Uang dari Internet : Adsense dg SEO Blog




Ada banyak cara untuk dapat uang dari internet, berikut adalah salah satu cara untuk dapat uang dari internet dengan cara adsense dg SEO Blog. 

Inti dari cara ini adalah penggila menulis di blog secara tidak langsung dalam jangka panjang (bisa bulanan atau tahunan ke depan) bisa mendapatkan tambahan sampingan yaitu dari adsense.Kunci bukan di cari uang dari internet tetapi hobby blogging atau ngeblog secara tidak sadar akan mendapatkan uang sampingan. Tentunya jika tahu caranya.

Adsense adalah pihak yang menyediakan kerjasama antara pemasang iklan dan penulis blog. Pemasang iklan mendepositkan sejumlah tertentu untuk iklannya dipasangkan pihak adsense dan afiliasinya. Jika iklan tersebut di klik maka sejumlah tarif tertentu dikuruangkan dari deposit tersebut. Sebaliknya penulis blog cukup memasang iklan di blognya, dengan traffic sejumlah tertentu akan ada yang mengklik iklan yang dipasang tersebut. Pemilik blog akan mendapatkan sejumlah bagian atas iklan yang diklik tersebut.

SEO (Search Engine Optimization) Blog dalam arti suatu blog yang dilakukan optimasi sehingga mesin pencari seperti google, yahoo dan lain sebagainya mudah untuk mampir ("ada di halaman 1") karena kata kunci yang dicari oleh pengguna internet terjaring dan dialihkan ke blog yang telah di SEO tersebut.

Berikut secara ringkas langkah untuk cari uang dari internet adsense dg SEO Blog berdasarkan pengalaman penulis :
  1. Buat Email : email bisa didaftarkan gratis ke gmail (groupnya google), yahoo, hotmail (groupnya microsoft) dan pelayanan email gratis lainnya.
  2. Tentukan Topik Blog ; Blog akan mudah dicari oelh mesin pencari jika blog mempunyai satu topik, karena kata-kata yang dicari banayk tertulis di isi tulisan blog dan banyak pihak memberikan rekomendasi untuk topik tertentu ke blog ini. Misalnya blog khusus tentang mie, maka utnuks emua pencairan tentang mie kemungkinan akan bisa tertuju ke blog ini.
  3. Kumpulkan Tulisan Sendiri Sesuai Topik Blog : Blog akan populer dan banyak trafic jika ada banyak tulisan yang satu topik sebagai isi tulisan blog. Untuk mulai bisa dari 1 - 5 tulisan, namun dengan update yang konsisten atas topik tersebut membuat blog tersebut makin populer, jika mungkin misalnya kenapa tidak blog tentang mie paling populer di Indonesia dan paling banyak trafficnya.
  4. Buat Blog : Untuk penyedia blog gratis ada banyak, namun  yang gratis dan boleh dipasang iklan yaitu blogdetik (groupnya detik) dan blogspot / blogger (groupnya google).
  5. Pasang Statistik di Blog :  Statistik berguna untuk menganalisa traffic, sumber traffic, dan keyword (kata kunci) yang sering bisa masuk / mampir ke  blog tersebut. Analisa statistik ini perlu untuk pengembangan blog lebih lanjut. Statistik yang biasanya saya pasang di blog adalah sitemeter dan statcounter. Saya pasang 2 karena untuk saling komparasi atas statistiknya.
  6. Optimasi Blog : Optimasi blog biasa nya secara otomatis pada blog detik dan blogspot. Hanya perlu ddidaftarkan link blog ke http://www.google.co.id/add_url.html dan didaftarkan sitemapnay ke https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in.
  7. Daftar ke Penyedia Adsense : penyedia adsense cukup banyak tetapi khusus di Indonesia yang saat ini saya ikuti tetap aktif yaitu adsensecamp.com dan www.sitti.co.id. Anda cukup daftar dan pasang iklannya di blog Anda.
  8. Link dan Tingkatkan Jejaring Sosial dengan Twitter : Biasanya saya tweet link tulisan saya ke twitter, bahkan ringkasannya saya bikin timeline untuk beberapa baris.
  9. Buat Time Line (TL) Tweeter bisa cerita ke Chirpstory : Time Line untuk butir 8 tersebut saya daftarkan ke chirpstory agar bisa meluaskan pembaca. Tujuan akhir dari poin 3, 10, 8 dan 9 ini adalah untuk meningkatkan traffic yaitu hit per day. Makin tinggi hits nya maka kesempatan untuk meng-klik adsense makin tinggi seingga kemungkinan dikonversi ke pendapatan makin besar. 
  10. Berkala buat tulisan dan promosikan : makin banyak tulisan dengan topik yang sama dan selalu di-update dengan sendirinya akan meningkatkan traffic. Promosi dengan cara sering menge-tweet di twitter blog makin dikenal, tulisan memberikan pendongkrak untuk meningkatkan hits per daya.
Langkah 1 sampai 9 adalah langkah awal saja, sedangkan langkah 5 dan 10 merupakan langkah yang dilakukan secara berkala, terus menerus jika perlu tiap hari, atau setidaknya 2 hari sekali. 

Jika dalam waktu 1 tahun sudah ada 200 - 400 tulisan dengan tema yang sama misalnya mie, bisa Anda bayangkan berpa banyak pengunjung yang datang. Tentunya dari pengunjung ini akan klik iklan adsense yang konversinya dalah pendapatan.


Semoga tulisan ringkas ini berguna, selamat mencoba.

Salam.

5 komentar:

Pendapat, Pertanyaan dan Komentar Konstruktif Anda ?